Tags

,


Saya memasang Ubuntu 8.04 Hardy Heron di Komputer Meja :p . Komputer itu saya gunakan sehari-hari untuk mengetik dan mencetak laporan dan tugas saya sehari-hari. Saya menggunakan Epson C43SX yang tersambung melalui kabel LPT.

Epson C43 SX

Epson C43 SX

Proses pemasangan printer dilakukan dengan mudah, karena database driver printer ini sudah tersedia di Ubuntu 8.04. Apalagi bila printer yang digunakan menggunakan kabel USB, printer dapat langsung digunakan (langsung terdekteksi di sistem tray).

Utiliti seperti nozzle check, head cleaning pun sudah tersedia dan dapat digunakan. Preferensi pengeprintan pun cukup lengkap. Namun ada satu pertanyaan yang terbesit dalam otak saya,“Cara ngecek tinta yang nyisa gimana ya?” :p

Saya pun segera membuka synaptic dan mencari software yang bersangkutan. Sayapun menemukan escputil

Deskripsi escputil: maintenance utility for Epson Stylus printers, download di sini

Berikut cara pemasangan dan penggunaan escputils untuk memantau tinta printer:

– Pasang escpitul dan ketergantungannya

$ sudo apt-get install escputil


– Setelah terpasang, ketikkan perintah ini di terminal:

$ sudo escputil -i -r /dev/lp0 #untuk kabel LPT


– Sedangkan untuk kabel USB :

$ sudo escputil -i -r /dev/usb/lp0


– Maka akan muncul persentase tinta printer yang tersisa pada cartridge:

Ink color Percent remaining

Red 60

Green 57

Blue 40

Black 20

Terima kasih, semoga bermanfaat,